Meri Yunardi Aprilla
XII IPA 1
Art Of Culture
Ronaldo Rozalino S.Sn
SMA PINTAR


Pacu Jalur, Kuantan singingi

Event wisata di Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, sekitar 160 kilometer dari Kota Pekanbaru, ini masuk dalam Kalender Pariwisata Nasional. Pacu Jalur mengandung nilai budaya dan olah raya, serta digelar sekali setahun guna memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia.
Pacu Jalur merupakan lomba perahu dayung tradisonal khas adat Rantau Kuantan. Jalur atau perahu memiliki panjang 20-30 meter yang akan didayung oleh 50-60 oarang. Ada sejumlah kegiatan sarat acara sakral dan magis sebelum jalur dipacu. Disini Pawang Jalur, Seoarang yang dianggap mempunyai kesaktian, memiliki peran penting.
Pacu Jalur yang digelar sesudah tanggal 17 Agustus, pada minggu ketiga atau keempat, ini amat meriah. Puluah riub orng tumpah ruah di Taluk Kuantan. Penduduk negeri yang jalurnya ikut berlomba datang berbondong-bondong untuk memberi dukungan.
Belakangan Taluk Kuantan kian sesak dengan kedatangan para wisatawan, lokal dan mancanegara, setiap Pacu Jalur digelar.
Bukan sekadar adu kecepatan perahu, Pacu Jlaru juga merupakan puncak festival budaya masyarakat Kuantan Singingi. Pasalnya, festival ini akan selalu diikuti oleh pagelaran tradisi lainnya, seperti pertunjukan cerita tradisional randai, seni musik rarak dan pertunjukan berkisah yang diikuti oleh peralatan talam, yaitu kayat.

Copyright @ buNg@ CinTa Bint@ng | Floral Day theme designed by SimplyWP | Bloggerized by GirlyBlogger